Rabu, 06 Mei 2015

Sosial Media

What is Social Media
Sosial media adalah sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Sosial media meghapus batasan-batasan manusia untuk bersosialisasi, batasan ruang maupun waktu, dengan media sosial ini manusia dimungkinkan untuk berkomunikasi satu sama lain dimanapun mereka bereda dan kapanpun, tidak peduli seberapa jauh jarak mereka, dan tidak peduli siang atau pun malam.
Sosial media memiliki dampak besar pada kehidupan kita saat ini. Seseorang yang asalnya “kecil” bisa seketika menjadi besar dengan Media sosial, begitupun sebaliknya orang “besar” dalam sedetik bisa menjadi “kecil” dengan Media sosial.

Jejaring sosial mempunyai dampak positif dan negatif.
Adapun dampak positifnya sebagai berikut:
  • Anak dan remaja dapat belajar mengembangkan keterampilan teknis dan social yang sangat di butuhkan di zaman digital seperti sekarang ini. 
  • Anak dan remaja akan termotivasi untuk belajar mengembangkan diri melalui teman-teman yang mereka jumpai secara online. 
  • Kemudahan memperoleh informasi : kemudahan untuk memperoleh informasi yang ada di internet banyak membantu manusia sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi. Selain itu internet juga bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.
  • Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan : Dengan kemudahan ini, membuat kita tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan karena dapat di lakukan lewat internet.
  • Dll.

Adapun dampak negatifnya sebagai berikut:
  • Anak dan remaja menjadi malas belajar berkomunikasi di dunia nyata. Tingkat pemahaman bahasa pun menjadi terganggu.
  • Situs jejaring social akan membuat anak dan remaja lebih mementingkan diri sendiri. Mereka menjadi tidak sadar akan lingkungan sekitar mereka, karena kebanyakan menghabiskan waktu di internet. 
  • Bagi anak dan remaja, tidak ada aturan ejaan dan tata bahasa di jejaring social. Hal ini akan membuat mereka semakin sulit membedakan anatara berkomunikasi di situs jejaring social dan dunia nyata.
  • Dll.


Macam-Macam sosial media:
Dari pengertian jejaring sosial yang telah dijelaskan sedikit di atas, ada ratusan situs yang merupakan situs jejaring sosial yang ada di dunia. Tetapi  Berikut ini adalah salah satu situs jejaring sosial yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari :

1.Facebook
Facebook mulai didirikan oleh Mark Zuckerberg pada tahun 2004. Dan sejak itu pula perkembangan facebook terus meningkat. Dan hingga saat ini facebook telah menjadi situs jejaring sosial nomor 1 di dunia.
Bahkan kini  indonesia berada di posisi kedua sebagai negara  pengguna facebook setelah Amerika serikat, yaitu 41,777,240 pengguna.
Facebook adalah situs jejaring sosial saat ini merupakan aplikasi teknologi yang sedang digemari kalangan remaja termasuk juga anak-anak.
Di facebook kita dapat mengunggah foto, update status dan saling berinteraksi satu dengan yang lainnya.


2.Twitter
Twitter adalah salah satu situs yang saat ini sangat populer dan banyak di bicaran di kalangan masyarakat.
Twitter dengan Facebook mempunyai kesamaan dan perbedaan. Kesamaannya ialah Twitter dan Facebook sama-sama layanan Jejaring Sosial yang berguna untuk saling menghubungkan antara pengguna satu dengan pengguna lainnya. Perbedaannya ialah Kalau Facebook Membatasi penggunanya mengirim status facebook hingga 400 kata lebih, tetapi jika twitter hanya  membolehkan 140 kata.


3. YouTube
YouTube adalah sebuah situs jejaring sosial yang sedikit berbeda dengan situs jejaring sosial  yang lainnya. Di YouTube dikhususkan bagi para anggota untuk saling berbagi video. Di YouTube para member bisa mengunggah (upload) berbagai video untuk saling dibagikan, agar bisa ditonton oleh banyak orang.


4.Google Plus+
Google Plus+ adalah sebuah situs jejaring sosial yang bisa dibilang sejenis dengan facebook. Dimana di Google Plus+ para anggota bisa saling berbagi status, gambar, foto, video, tautan, dan lain sebagainya. Di dunia situs Google Plus+ ini termasuk salah satu situs jejaring sosial yang sangat banyak penggunanya.

5.Instagram
Instagram adalah salah satu situs jejaring sosial yang sekarang ini sedang naik daun. Instagram memanjakan para penggunanya dengan kekhususan situs foto. Di Instagram para pengguna dapat saling berbagi momen foto dengan para sahabat, keluarga, dll.




Ini saja yang dapat saya sampaikan di artikel saya ini, semoga bermanfaat bagi para pembacanya. 

Thank's.....:)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar