Minggu, 22 Maret 2015

PIDATO BAHASA INGGRIS



Menulis sebuah pidato bisa menjadi sebuah momok tersendiri bagi banyak orang. Mungkin khawatir mengenai kualitas keterampilan menulis anda, gugup dengan belum berpengalamannya anda dalam berbicara di depan umum atau mungkin anda belum tahu harus menulis apa. Untuk itu, pada kesempatan kali ini, penulis akan menunjukkan bagaimana menulis sebuah pidato bahasa Inggris.

Tapi sebelum menulis sebuah pidato bahasa Inggris, anda harus memiliki rencana untuk pidato tersebut. Rencana pidato terdiri dari :

Penentuan di kesempatan atau di acara apa anda akan menyampaikan pidato tersebut. Misalnya : hari kemerdekaan, hari ibu, hari pendidikan, perpisahan siswa, dan lain sebagainya.
Penentuan tema yang potensial atau cocok dengan acara. Misalnya tentang kepahlawannan, ibu, narkoba, perpisahan, dan lain sebagainya.
Mengidentifikasi siapa saja audience (pendengar/ penonton) pidato anda. Hal ini penting karena sebuah pidato harus disesuaikan dengan kondisi pendengar/ penontonnya.
Setelah menyusun perencanaan pidato, anda bisa langsung membuat pidato bahasa Inggris tentunya dengan menggunakan langkah-langkah berikut ini.


1. Membuat kerangka pidato

Sebuah pidato bahasa Inggris yang baik haruslah memiliki kerangka pidato yang jelas. Dengan menyertakan pembukaan, isi dan penutup pada pidato bahasa Inggris anda, anda secara langsung telah membuat fondasi dari sebuah pidato bahasa Inggris yang baik. Di bawah ini adalah kerangka dari sebuah pidato bahasa Inggris.

(Pembukaan) Opening
30 detik pertama dari pidato bahasa inggris mungkin merupakan hal yang sangat penting. Pada periode waktu ini anda harus merebut perhatian pengunjung, dan mengajak ketertarikan mereka pada apa yang akan anda katakan pada pidato bahasa Inggris anda. Hal ini dapat dicapai dengan beberapa cara. Misalnya anda bisa memunculkan sebuah pertanyaan provokatif, membuat pernyataan menarik atau kontroversial, menceritakan sebuah kutipan yang relevan atau bahkan menceritakan sebuah cerita lucu. Ketika anda telah memenangkan perhatian pengunjung, pidato anda harus beralih ke bagian isi dari pidato bahasa Inggris anda.
Isi (Body)
Isi dari pidato bahasa Inggris anda akan selalu menjadi bagian terbesar dari pidato bahasa Inggris anda. Pada bagian ini, pengunjung akan diperkenalkan oleh anda persoalan atau permasalahan yang di angkat (seperti yang tertera di pembukaan) dan diharapkan akan siap mendengarkan pendapat-pendapat anda, pemikiran-pemikiran tentang persoalan atau permasalahan yang di angkat dalam pidato bahasa Inggris anda.
Cara terbaik dalam menyusun bagian isi dari sebuah pidato bahasa inggris adalah dengan menyusun point-point permasalahan yang akan disampaikan. Point-point tersebut bisa berupa point pengenalan permasalahan, point pendapat tentang permasalahan, atau pun point tentang penyelesaian permasalahan tersebut.
Point-point tersebut harus disusun dengan rapi sehingga antara point yang satu dengan point yang lain bisa saling terhubung walaupun berbeda paragraf. Hal ini juga akan memberikan kesan perubahan yang lebih logis dari pidato bahasa Inggris anda, dan membuat lebih mudah pekerjaan mendengarkan pengunjung.
Jangan mencoba untuk memberikan pengunjung anda dengan point-point permasalahan yang banyak. Lebih baik buatlah point-point permasalahan yang sedikit dari pada membuat point permasalahan yang banyak tapi tidak ada pengunjung yang mengerti atau puas dengan pidato bahasa Inggris anda.
Penutup (Closing)
Seperithalnya pembukaan, penutup dari pidato bahasa Inggris anda haruslah mengandung beberapa materi yang kuat. Anda haru melihat penutup pidato bahasa Inggris anda sebagai sebuah kesempatan. Sebuah kesempatan untuk :
a. Memberikan kesimpulan dari persoalan/ permasalahan yang ada pada pidato bahasa Inggris anda.
b. Memberikan beberapa pemikiran/ pandangan kepada pengunjung anda.
c. Tinggalkan beberapa memori positif dari pidato bahasa Inggris yang telah anda sampaikan kepada pengunjung.
d. Akhiri dengan mengucapkan terima kasih, permintaan maaf jika terdapat kesalahan kata, dan akhiri dengan salam.
Sumber:http://www.belajarbahasainggris.us/2012/03/cara-membuat-pidato-bahasa-inggris.html

Contoh:
Assalamualaikum Wr. Wb.
Good morning / afternoon / evening / night and best wishes for all of us. Improving the quality of the nation must be adopted and especially through education. Education is a long process, which ceaselessly to achieve one objective and open to new ideas and new concepts.That is the meaning of education so that one day the results of the education that will foster a newculture of human intelligence. 
During the intelligent human, it has the wisdom and virtue in his soul.Only after that, he was able to master science and technology. New culture that is the counter-culture which is then entered into the order of a soci
ety (culture) alternatives to be chosen by thisnation.Everything is well organized through education, education that can educate, able to.
cultivate virtuous and wise soul, and master of science and technology. That’s the future that will transform the nation into a new Indonesia Indonesia. This would seem to be, for education in Indonesia.Not to mention the shortage of teaching staff resolved the problem, the problem of inadequateeducational facilities come up, and following the high cost of education issues. We still feel as anation that remains in many ways compared to other nations.
Therefore, the only way for the nation is to improve education in order to make an intelligent nation through comprehensive national education system and planned.But to go in that direction, the road taken very long and difficult because the issue of education isstrongly associated with other factors, including the economy, security and other social issues. 
The teachers are expected to begin to change the way students learn. The teachers are no longer allowed to put pressure on students as rote learning and provides multiple choice questions (multiple choice) because it could have an impact on the formation of personality.
The role of education, as a means of empowerment, must consciously prepare students in the life of society, both as individuals and members of society. Empowerment only has meaning if it becomes part of the empowerment process and function of culture. Therefore, education should foster spirit of independence, self-moving statements and educators teach students to live in harmony with respect to differences. Looking ahead, the education system must change from a motivational instructional achievement, creativity, and virtuous character.
Wassalamualaikum Wr Wb


Artinya:
Assalamualaikum Wr Wb..
Pendidikan untuk Peningkatan Kualitas BangsaSelamat pagi / siang / sore / malam dan salam sejahtera bagi kita semua. Meningkatkan kualitas bangsa harus ditempuh dan terutama melalui pendidikan. Pendidikan adalah proses yang panjang, yang tak henti-hentinya untuk mencapai satu tujuan dan terbuka untuk ide-ide baru dan konsep baru .Itulah makna pendidikan sehingga suatu hari hasil pendidikan yang akan menumbuhkan budaya baru kecerdasan manusia .
Selama manusia yang cerdas, memiliki kebijaksanaan dan kebajikan dalam jiwanya . Baru setelah itu, ia mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Budaya baru yang merupakan kontra-budaya yang kemudian dimasukkan ke dalam tatanan kehidupan masyarakat ( budaya ) alternatif yang akan dipilih oleh bangsa ini. 
Semuanya terorganisasi dengan baik melalui pendidikan, pendidikan yang mampu mendidik , mampu menumbuhkan jiwa saleh dan bijaksana, dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Itulah masa depan yang akan mengubah bangsa menjadi Indonesia yang baru . Hal ini tampaknya yang akan terjadi, untuk pendidikan di Indonesia. Belum lagi kekurangan staf pengajar memecahkan masalah , munculnya masalah fasilitas pendidikan yang tidak memadai , dan selanjutnya tentang isu isu tingginya biaya pendidikan . 
Kami masih merasa sebagai bangsa yang tetap dalam banyak hal dibandingkan dengan negara-negara lain. Oleh karena itu, satu-satunya cara bagi bangsa ini adalah untuk meningkatkan pendidikan agar bangsa cerdas melalui sistem pendidikan nasional yang menyeluruh dan terencana. Tapi untuk pergi ke arah itu, jalan yang ditempuh sangat panjang dan sulit karena masalah pendidikan sangat terkait dengan faktor-faktor lain, termasuk ekonomi, keamanan dan masalah sosial lainnya. Para guru diharapkan untuk mulai mengubah cara siswa belajar. 
Para guru tidak lagi diperbolehkan untuk menempatkan tekanan pada siswa sebagai hafalan dan memberikan pertanyaan pilihan ganda (multiple choice) karena bisa berdampak pada pembentukan kepribadian. Peran pendidikan , sebagai sarana pemberdayaan , harus secara sadar mempersiapkan siswa dalam kehidupan masyarakat , baik sebagai individu maupun anggota masyarakat. Pemberdayaan hanya memiliki arti jika menjadi bagian dari proses pemberdayaan dan fungsi budaya. Oleh karena itu, pendidikan harus menumbuhkan semangat kemandirian. pernyataan diri bergerak dan pendidik mengajar siswa untuk hidup dalam harmoni sehubungan dengan perbedaan. Ke depan, sistem pendidikan harus berubah dari prestasi motivasi mengajar, kreativitas, dan karakter yang sale.
Wassalamualaikum Wr Wb.


sumber:http://www.belajarbahasainggris.us/2012/03/pidato-bahasa-inggris--drugs.html

2 komentar:

  1. OKE ,,

    Koreksinya,,
    1. Mungkin artikelnya bisa ditambahkan bagaimana cara membuat artikel berbahasa inggris,, karena di atas kan hanya contohnya saja,, kita belum tahu bagaimana membuat pidato yang baik dengan menggunakan bahasa inggris
    2. Warna blog mu mohon di ubah yaa,, jangan menggunakan perpaduan warna ungu dan hijau,, tidak nyaman dipandang mata,, dan tulisan terlalu kecil, tidak terbaca,, jadi tidak menimbulkan keinginan untuk membaca blog kamu.. :D

    Terima Kasih

    BalasHapus
  2. OKe

    1. contoh pidato gunakan fasilias di blog yaitu Quotation,, jadi tidak perlu menggunakan backround warna hijau lagi

    2. sumber, hilangkan warna hijau nya

    BalasHapus